Mengenal Ayam Kalkun

Mungkin bagi sebagian orang tidak asing lagi dengan jenis ayam kalkun, tapi tidak sedikit orang juga yang ingi tahu apa itu ayam kalkun. Ya ayam kalkun merupakan sebutan bagi dua spesies burung yang berukuran besar berasal dari ordo galliformen genus meleagris. Cara mengenali ayam kalkun betina dan ayam kalkun jantan dapat dengan jelas kita bedakan dengan melihat bulu. Karena bulu pada ayam kalkun betina lebih kecil dan warna bulu kurang berwarna warni, serta kalkun betina lebih kecil jika dibandingkan dengan kalkun jantan sebaliknya. Ayam kalkun dapat dengan mudah dikenali yang terlihat dari rentang sayapnya yang mencapai 1,5 sampai 1,8 meter.

ayam kalkun
Disetiap Negara memiliki nama sebutan spesies yang berbeda seperti spesies kalkum M.gallopavo yang berasal dari Amerika utara, sebutan M.ocellata berasal dari Negara Amerika tengah. Sedangkan jenis kalkun yang dapat dikonsumsi (diambil dagingnya) atau diternakan merupakan kalkun hasil domestikasi yang berasal dari spsies M.gallopavo atau yang lebih dikenal dengan kalkun liar (wild turkey). Kemudian spesies klakun M.ocellata diduga kuat berasal dari hasil domestikasi suku maya. Tapi ada juga pendapat beberapa orang yang berpendapat bahwa daging kalkun yang diambil dagingnya yaitu berasal dari spesies suku maya. Alasaannya karena spesies jenis kalkun ini lebih penurut, jika dibandingkan dengan spesies kalkun dari Amerika utara atau kalkun liar, tetapi sayangnya hal ini tidak didukung dengan bukti morfologis. Di Amerika utara salah satu jenis hewan butuan yaitu kalkun liar, tentu saja hal ini berbeda tidak seperti kalkun negeri kalkun yang berasal dari Amerika serikat ini lebih gesit dann padai terbang.

Saat pertama kalinya ditemukan di Amerika, kebanyakan orang Eropa mengira atau mengenalinya sebagai burung asal Afrika Numida meleagris yang juga dikenal sebagai ayam turki karena diimpor dari Eropa tengah melalui turki. Asal kalian tahu nich, menurut zaman dahulu sebutan untuk kalkun hasil domestikasi ditiap Negara berbeda-beda dan yang pastinya mencerminkan nama negeri asal kalkun yang eksotis..

Di Indonesia sebutan kalkun merupakan ejan bahasa Indonesia untuk bahasa belanda yang berarti kalkoen, tentu saja nama kalkun tersebut diambil dari nama kota kalikut di India. Nah untuk sebutan ayam belanda yaitu merupakan sebutan bahasa melayu untuk kalkun.

Untuk lebih jelas dan tahunya berikut ini merupakan sebutan ayam kalkun disetiap Negara yang berbeda, cekidot :

– Sebutan kalkun liar di Denmark dan norwegia disebut kalkun, dalam bahasa SWedia kalkon.
– Kalkuun ( jerman hilir )
– Kalkkuna ( bahasa finlandia )
– Kalakuna ( bahasa Papiamento )
– gall dindi ( ayam india ( bahasa katalan))
– pavo ( bahasa spayol )
– guajolote atau dalam ejaan lama xuehxolotl ( bahasa nahuatl )
– deek roumi ( bahasa arab )
– peru ( bahasa portugis )
– gallopoula ( bahasa yunani )
– cearc frangach ( bahasa gaelik skotlandia )
– tacchino ( bahasa italia )

Tahu gak sich ternyata kakun memiliki kemampuan unik untuk melakukan reproduksi aseksual yang dapat dilakukan meskipun tanpa ada kalkun pejantan, Jadi ayam jenis ini dapat terus menghasilkan telur yang fertile. Telur yang ditetaskan menjadi anak kalkun tentu memliki kondisi yang sering sakit dan hampir bisa dipastikan berkelamin pejantan. Tentu saja perilaku seperti ini dapat mengganggu proses inkubasi telur yang ada disuatu peternakan ayam kalkun tersebut.

Itulah artikel sederhana mengenai ayam kalkun, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca semua.

Demikian ulasan mengenai Mengenal Ayam Kalkun yang dapat sobat baca dan simak di InfoUnik.Org! Semoga dengan adanya informasi mengenai "Mengenal Ayam Kalkun" tersebut dapat memberikan informasi lebih lanjut. Selalu kunjungi website InfoUnik.Org unuk mendapakan Info Unik Ulasan Foto dan Gambar Unik Menarik secara online yang lebih lengkap dan terdepan.

Mengenal Ayam Kalkun