Aneka Manfaat Semangka Yang Ampuh

By Categories : Manfaat

Manfaat semangka untuk kesehatan belum diketahui oleh masyarakat luas. Masyarakat memandang semangka adalah buah yang pas disantap sebagai hidangan makanan penutup. Semangka merupakan salah satu jenis ketimun – ketimunan. Semangka memiliki nama latin Citrullus lanatus. Buah ini berasal dari gurun di Afrika bagian selatan.

manfaat semangkaAneka Manfaat Semangka yang ampuh

Semangka sebagai salah satu jenis buah, mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Semangka mengandung energi, karbohidrat, gula alami, serat, lemak, protein, aneka vitamin, kalsium. Folat, kalium dan seng. Melihat banyaknya kandungan tersebut maka semangka pasti memiliki manfaat baik untuk tubuh. Bagi anda yang penasaran, berikut manfaat semangka untuk kesehatan :

Sponsored links

  1. Semangka dapat meremajakan kulit. Menggunakan semangka sebagai masker akan memberikan rasa dingin pada kulit wajah, segar dan menjaga kelembaban kulit wajah. Semangka akan membersihkan debu dan mengecilkan pori – pori. Selain itu semangka akan mengangkat kotoran dalam pori – pori kulit.
  2. Semangka kuning mengandung zat Citrulline yang berfungsi merangsang senyawa – senyawa kimia yang terdapat dalam tubuh untuk bekerjasama membantu pembuluh darah menjadi lebih rileks dan fleksibel. Kandungan ini sama dengan kandungan pada senyawa Viagra.
  3. Semangka kuning mengandung likopen. Likopen merupakan senyawa antioksidan yang akan melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Antioksidan pada semangka kuning ini akan menurunkan risiko terkena kanker.
  4. Sama dengan semangka kuning, semangka merah juga berfungsi mencegah penyakit kanker. Karena mengandung antioksidan yang cukup tinggi.
  5. Mengkonsumsi semangka akan menghindarkan anda dari dehidrasi. Kandungan air yang tinggi pada semangka akan mengurangi risiko dehidrasi pada cuaca yang panas.
  6. Kandungan citrulline juga terdapat pada semangka merah. Zat citrulline dapat membantu menyembuhkan luka menjadi lebih cepat kering. Zat ini bisa ditemukan pada bagian putih semangka.
  7. Kandungan vitamin yang cukup banyak pada semangka, akan membantu menjaga daya tahan tubuh. Agar tidak mudah terserang sakit. Terutama pada saat musim pancaroba.
  8. Semangka juga ampuh mengatasi sariawan. Hal ini karena kandungan vitamin C yang cukup banyak pada semangka.
  9. Semangka tidak mengandung lemak jahat ataupun gula yang akan menggagalkan program diet. semangka adalah buah yang tepat untuk orang diet.
  10. Kandungan air dan kalium yang tinggi pada semangka sangat bermanfaat sebagai penderita hipertensi. Kedua kandungan tersebut sangat bermanfaat menetralisir tekanan darah dalam tubuh.
  11. Kesehatan ginjal dapat dijaga dengan mengkonsumsi semangka. Kandungan kalium pada semangka akan membersihkan sisa – sisa racun pada ginjal. Buah semangka mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah sehingga mengurangi risiko kerusakan ginjal dan pembentukan batu ginjal.
  12. Semangka yang digunakan sebagai masker akan menghilangkan noda hitam pada wajah. Menggunakannya secara rutin akan membuat noda hitam berangsur – angsur menghilang.
  13. Kelembaban yang diberikan semangka ketika digunakan sebagai masker akan menghilangkan kerutan pada wajah. Antioksidan yang dimiliki oleh semangka akan memperlambat penuaan dini.
  14. Semangka juga bisa memperlancar pencernaan. Karena kandungan air yang tinggi, sembelit pun bisa teratasi.
  15. Kandungan pada semangka akan mengurangi encok. Namun jika di konsumsi berlebih akan memperparah encok.

Bagi anda yang malas mengkonsumsi buah tidak ada salahnya anda memulai mengkonsumsi buah satu ini. Semangka merupakan bah yang sangat disarankan bagi anda yang sedang menjalankan diet. manfaat semangka tidak serta merta dirasakan tubuh, mengkonsumsi secara rutin maka manfaat semangka

Artikel Terkait Aneka Manfaat Semangka Yang Ampuh

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *