Mengenal Berbagai Alat Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Alat kesehatan menjadi hal yang lumrah adanya ketika kita berkunjung ke rumah sakit atau saat masuk ke ruang praktek seorang dokter. Akan tetapi apakah anda mengerti tentang nama dan fungsi kegunaan dari masing-masing alat kesehatan tersebut? Bagi masyarakat umum mungkin mengenal hanya beberapa saja yang familiar di telinga, seperti stetoskop, jarum suntik atau tensi meter. Menjadi terdengar akrab di telinga karena ketiga alat itu yang paling sering  digunakan oleh seorang dokter. Dan berikut merupakan beberapa alat kesehatan yang sering digunakan oleh dokter dan rumah sakit.

Alat kesehatan stetoskop

  1. Stetoskop

Stetoskop (stethoscope) merupakan alat kesehatan yang paling identik dengan profesi seorang dokter. Bila anda berkunjung ke rumah sakjit dan menemui dokter di sana maka mengalungkan stetoskop di leher adalah sesuatu yang umum bagi seorang dokter

Stetoskop berasal dari bahasa Yunani, terdiri dari dua kata stetos yang berarti dada dan skopein yang mempunyai arti memeriksa. Dengan alat ini seringkali seorang dokter memeriksa dan mendengarkan suara-suara yan muncul dari bagian sekitar dada dan perut.

Stetoskop terdiri dari tiga bagian utama yaitu bagian yang berupa kalung stainlis yang dekat dengan telinga berfungsi untuk mendengarkan suara yang muncul. Kemudian bagian yang dilapisi membran yang berfungsi memperbesar getaran suara dari bagian dada atau perut.Dan yang terakhir bagian yang berbentuk seperti selang yang menyambungkan bagian kepala stetoskop dengan kalung stainlis yang diletakkan di telinga.

Stetoskop berfungsi untuk mendengarkan detak jantung dan paru-paru yang terdapat di bagian dada dan suara usus yang terdapat di bagian perut, juga bisa berfungsi untuk mendengar getearan nadi dan tekanan darah

Alat kesehatan suntikan

  1. Suntikan

Suntikan merupakan alat kesehatanyang berfungsi untuk memasukkan (injection) zat tertentu ke dalam tubuh. Suntikan terdiri dari tabung milimeter yang nantinya diisi obat atau tambahan zat yang dibutuhkan pasien, dan jarum suntik sebagai alat injeksi yang menyalurkan obat atau tambahan zat ke dalam tubuh pasien.

Sponsored links

infusan

  1. Infus

Tindakan medis pertama pada pasien opname biasanya adalah memasang infus. Infus terdiri dari tiga bagian yaitu, jarum infus yang dimasukan (ditusukkan) ke dalam pembuluh darah, selang infus sebagai jalan masuknya cairan infus dan tabung infus yang berisi cairan infus.

Tensimeter Digital

  1. Tensimeter

Alat kesehatan ini biasanya selalu tersedia di meja praktek seorang dokter karena memang sering sekali digunakan untuk memeriksa tekanan darah/ tensi untuk penderita hipertensi , anemia dan lain sebagainya.

Tensimeter ada dua jenis yaitu, tensi meter konvensional dan digital. Saat ini, di Indonesia memang masih banyak yang menggunakan tensimeter konvensional yang berisi air raksa yang kemudian dipompa dan menunjukan angka tertentu. Masih sedikitnya penggunaan tensimeter digital disebabkan karena harganya yang masih relatif tinggi dibandingkan tensimeter konvensional.

Digital termometer

  1.  Termometer

Alat kesehatan ini merupakan alat yang paling umum digunakan. Biasanya ada beberapa keluarga yang sudah menyediakan termometer di rumah dalam kotak P3K. Termometer berfungsi untuk mengukur suhu tubuh. Ada dua jenis termometer yaitu yang menggunakan air raksa dan termometer digital. Penggunaan termometer digital tentunya lebih efektif karena reaksinya yang lebih cepat dan tepat, berbeda dengan termometer air raksa yang  memerlukan waktu lebih lama dalam pengukurannya.

Itulah beberapa pembahasan singkat mengenai alat kesehatan.

Artikel Terkait Mengenal Berbagai Alat Kesehatan

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *