9 Tips Ternak Ayam Potong

By Categories : Hewan

Ketahui tips ternak ayam potong/broiler berikut! Ternak ayam potong merupakan salah satu jenis usaha peternakan yang menyediakan kebutuhan akan daging ayam, kebutuhan daging ayam semakin lama akan semakin meningkat. Maka tak heran jika peluang usaha yang satu ini sangat menjanjikan. Ayam potong lebih dikenal dengan sebutan ayam broiler atau ayam sayur, masyarakat juga menyebutnya dengan ayam negeri. Jenis ayam ini khusus dikembangbiakan untuk dimanfaatkan dagingnya. Daging ayam potong ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, sehingga daging ayam banyak dikonsumsi oleh kalangan masyarakat. Seiring meningkatnya kebutuhan akan daging ayam ini, maka tak heran jika daging ayam ini dihari-hari tertentu harga perkilo daging ayam potong akan mengalami peningkatan seperti hari raya dan hari-hari besar lainnya.

Untuk itu, usaha ini sangat menjanjikan untuk digeluti dengan serius. Tetapi jika anda akan mencoba terjun kedalam usaha ternak ayam potong ini, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu berbagai pengetahuan seputar tips ternak ayam potong agar usaha anda dapat berjalan dengan lancar.

Tips Ternak Ayam Potong - Broiler

Tips Ternak Ayam Potong

Berikut ini merupakan beberapa langkah yang dapat anda pelajari dan anda lakukan dalam memulai usaha ternak ayam potong, diantaranya yaitu:

  • Pembuatan Kandang

Sebelum anda menyesiakan bibit ayam yang akan anda pelihara, hal yang pertama harus anda siapkan yaitu kandang ayam itu sendiri. Jika anda akan membuat kandang, sebaiknya anda sesuaikan akan kebutuhan cahaya dan udara bagi ayam itu sendiri. Selain itu, usahakan agar suhu kandang tetap terjaga kehangatannya karena suhu kandang sangat penting sekali untuk anda pehatikan agar ayam dapat bertahan hidup dengan baik.

  • Sumber air

Selain pencahayaan dan suhu kandang, hal lain yang perlu anda perhatikan yaitu sumber air yang baik. Maka sebelum anda mendirikan kandang untuk peternakan, sebaiknya anda mencari tempat yang memiliki sumber air yang baik. Hal ini dikarenakan, kebutuhan air sangatlah penting dalam peternakan baik untuk minum ternak ataupun untuk membersihkan kandang dan perlengkapan ternak dari kotoran.

  • Perlengkapan makan dan minum

Setelah kandang selesai dibangun, maka sebelum ada membeli atau memesan bibit ayam potong (DOC) siapkan terlebih dahulu perlengkapan makan dan minum untuk bibit ayam nantinya.

  • Pakan dan obat-obatan

Siapkan pakan dan obat-obatan yang berkualitas baik, karena hal ini sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan ayam.

  • Pengadaan bibit ayam potong (DOC)

Dalam pengadaan bibit atau DOC sebaiknya memilih jenis anakan yang berkualitas baik, karena kualitas DOC sangat mempengaruhi keberhasilan dalam usaha ini.

  • Pengontrolan yang rutin

Pada 14 hari pertama sebaiknya anda memperhatikan dengan sangat ekstra, karena pada masa tersebut merupakan masa rawan dan menentukan keberhasilan. Maka dari itu, sebaiknya anda selalu rutin mengontrol baik dari pakan, suhu kandang, air, kebersihan kandang dan usahakan sekam pada lantai tetap kering. Untuk memastikan suhu kandang yang baik, maka jika DOC bergerombol maka suhu kandang kurang hangat dan jika DOC berpencar merata maka dapat dipastikan suhu kandang baik.

  • Vaksinasi

Lakukanlah vaksinasi dengan jadwal yang tepat, sebaiknya lakukan pemberian vaksinasi pada umur ayam 7 hari, 14 hari dan 21 hari.

  • Pemberian antibiotik dan vitamin

Antibiotic dan vitamin diberikan pada saat umur ayam 5 hingga 10 hari, pemberian dapat dilakukan dengan cara mencampurkannya dengan air minum.

  • Perhatian ekstra hanya dilakukan pada 14 hari pertama saja, setelah itu anda hanya cukup mengontrol pakan, minum dan kebersihan kandang saja. Pengontrolan dapat dilakukan 2 kali sehari sampai tiba masa panen.

Nah, itulah beberapa tips ternak ayam potong yang dapat saya sampaikan. Semoga informasi ini dapat sedikit membantu anda yang akan mulai beternak ayam potong, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Artikel Terkait 9 Tips Ternak Ayam Potong

Sponsored Link
loading...
Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *