9 Manfaat Temulawak Yang Penting Untuk Tubuh

By Categories : Manfaat

Manfaat temulawak selama ini sudah dikenal baik dalam dunia kesehatan. Temulawak sering digunkan sebagai obat alternatif atupun obat yang menunjang kesehatan. Temulawak memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza. Tanaman ini bisa tumbuh dnegan baik di seluruh wilayah Indonesia. Apabila dilihat sekilas tanaman ini sangat mirip dengan kunyit. Temulawak memiliki beberapa kandungan senyawa kimia pada rimpangnya. Senyawa kimia yang dimilki antara lain fellandrean, turmerol, dan kurkuminoid. Kurkuminoid sendiri terdiri dari kurkumin dan desmetoksikurkumin, kedua senyawa tersebut berfungsi untuk menetralkan racun didalam tubuh.

manfaat temulawak

9 Manfaat temulawak yang penting untuk tubuh

Melihat beberapa banyaknya kandungan senywa pada temulawak maka tidak salah lagi apabila temulawak memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah manfaat temulawak bagi kesehatan :

  1. Kanker

Kandungan curcumin dalam temulawak ternyata dapat menghambat pertumbuhan sel – sel penyebab kanker prostat. Curcuma pada temulawak berkerja dengan menghentikan pembuluh darah yang menyuplai pertumbuhan sel – sel kanker. Beberapa penelitian lain juga menyatakan curcuma pada temulawak efekitf dalam mengatasi kanker payudara dan kanker usus.

      2. Gangguan pencernaan

Suplement yang terbuat dari temulawak ternyata efektif untuk mengatasi gangguan kesehatan pada ulcerative colitis. Hal ini dibuktikan dengan semakin membaiknya kondisi setelah mengkonsumsi suplemen tersebut. gangguan perncernaan lain yang bisa diatasi oleh temulawak adalah perut kembung, dyspesia dan indisgestion.

       3. Osteoarthritis

Curcuma juga berfungsi untuk meredakan peradangan seperti osteoarthritis. Hal ini digunakan oleh sebagain besar masyarakat India.

       4. nafsu makan

kandungan dalam temulawak berupa minyak atsiri ternyata dapat memberikan efek karminativum, hal tersebut membuat nafsu makan menjadi meningkat. Temulawak yang tersedia dalam suplemen makan anak – anak memang bekerja efektif meningkatkan nafsu makan si anak.

       5. racun

Sponsored links

Kandungan kurminoid dalam temulawak ternyata snagat efektif membantu menghilangkan racun didalam tubuh. Hal lainnya dalah meningkatkan sekeresi pada empedu. Temulawak yang memiliki kandungan kurminoid ternyata juga bisa menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah dan mencegah pelemakan dalam sel – sel hati.

       6. Haid

Sebagain besar orang Indonesia percaya bahwa temulawak juga bisa meredakan haid. Meminum jamu dari temulawak ataupun minuman pereda sakit selama haid dengan campuran temulawak ternyata efektif mengurangi nyeri pada bagian perut.

       7. Kesehatan hati

Kandungan kalagoga pada temulawak ternyata berfungsi efektif untuk menjaga kesehatan fungsi hati. Kandungan tersebut sangat berfungsi baik untuk mengatur produksi cairan empedu dalam hati dan merangsang pengosongan kandungan empedu.

       8. Radikal bebas

Antioksidan salah satu senyawa yang terdapat pada temulawak ternyata berfungsi efektif untuk menghalau radikal bebas yang akan masuk ke dalam tubuh.

       9. Radang sendi dan nyeri

Kandungan kurkumin yang dimiliki oleh temulawak ternyata efektif mengurangi radang pada sendi dan nyeri yang dirasakan. Kurkumin sendiri merupakan antiradang yang sangat efektif mengurangi menyeri.

Temulawak sebagai tanaman rimpang yang tumbuh subur di Indonesia harusnya lebih dimanfaatkan lagi sebagai obat alternatif. Harganya yang murah dan mudah tumbuh merupakan nilai plus lain tanaman ini. manfaat temulawak bagi kesehatan sangatlah baik dan amat berguna.

Artikel Terkait 9 Manfaat Temulawak Yang Penting Untuk Tubuh

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *