9 Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan

By Categories : Manfaat

Manfaat beras merah kurang dikenal oleh orang Indonesia, kecuali mereka yang sedang diet. beras merah memang jarang di konsumsi oleh masyarakat Indonesia. Sebagian besar masyarakat Indonesia lebih senang mengkonsumsi beras putih. Beras merah sebenarnya mengandung lebih banyak manfaat dibandingkan beras putih.

manfaat beras merah9 Manfaat beras merah bagi kesehatan

Beras merah mengandung vitamin B dan vitamin E. beras merah juga mengandung serat yang lebih tinggi dibandingkan beras putih. Beras merah mengandung fenolat yang berfungsi sebagai antioksidan. Selain kandungan tadi, masih banyak kandungan lain yang dimiliki oleh beras merah. Maka tidak salah lagi jika beras merah memiliki begitu banyak manfaat. Berikut adalah manfaat beras merah :

Sponsored links

  1. Kandungan serat yang tinggi pada beras merah akan membantu sistem pencernaan menjadi lancar. Kandungan serat ini akan membuat orang yang mengkonsumsi menjadi lebih mudah kenyang. Sifat beras merah yang mudah membuat kenyang ini cocok bagi mereka yang sedang diet.
  2. Beras merah mengandung karbohidrat kompleks yang sangat baik untuk kesehatan. Karbohidrat kompleks yang dimiliki oleh beras merah tidak dimiliki oleh beras putih yang biasa di konsumsi.
  3. Beras merah mengandung indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik yang rendah ini akan mengatur kadar gula darah dan juga memproduksi insulin. Produksi insulin ini sangat berguna bagi mereka yang menderita diabetes.
  4. Antioksidan yang dimiliki oleh beras merah sangat bermanfaat menjadi penangkal radikal bebas yang akan masuk ke dalam tubuh. Radikal bebas ditangkap oleh zat besi dan mangan yang terkandung pada beras merah.
  5. Kandungan zinc yang dimiliki oleh beras merah sangat bermanfaat dalam membantu percepatan penyembuhan luka. Selain itu zinc juga berperan menjaga sistem imun dalam tubuh agar berfungsi dengan baik. Zinc ini juga akan melindungi sel – sel dan jaringan dari kerusakan yang disebabkan serangan radikal bebas.
  6. Beras merah akan menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh, mengkonsumsi beras merah akan meningkatkan kolesterol baik yang dimiliki oleh tubuh.
  7. Kandungan mangan pada beras merah akan menghasilkan lemak dan hormon yang berfungsi menjaga saraf agar tetap sehat.
  8. Magnesium pada beras merah akan membangun tulang dan mencegah terjadinya kekurangan kalsium. Hal ini juga akan mencegah terjadinya osteoporosis dan pengeroposan tulang. Mengkonsumsi beras merah bagi anda yang usia lanjut sangat disarankan.
  9. Beras merah mengandung fitonutrisi yang disebut Lignin. Fungsi dari lignin adalah mencegah terjadinya kanker payudara.

Melihat begitu banyak manfaat yang dimiliki oleh beras merah, sudah saatnya anda berpikir untuk beralih menggunakan beras merah sebagai bahan pokok. Manfaat beras merah tidak serta merta langsung dirasakan bagi tubuh, namun konsumsi secara rutin akan memberikan dampak yang baik untuk tubuh.

Artikel Terkait 9 Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *