17 Tips Ibu Hamil

By Categories : Kesehatan

Kehamilan merupakan masa dimana setiap pasangan dituntut untuk ekstra dalam menjaga kesehatan ibu dan janin, terlebih bagi pasangan muda yang belum berpengalaman. Tips ibu hamil berikut dapat membantu anda dalam mempersiapkan kehamilan sehat untuk ibu dan janin. Dalam hal ini suami juga harus berperan aktif untuk menjaga kesehatan tersebut, serta selalu memcukupi kebutuhan nutrisi yang di butuhkan ibu agar janin didalamnya berkwalitas.

Tips Untuk Ibu Hamil

Kehamilan memang sangat dinantikan dan selalu ditunggu setiap pasangan. Nah, oleh karena itu kami punya tips sehat untuk menjaga masa kehamilan. Penasaran tips apa saja? Yukkkk simak langsung saja informasi menarik berikut ini, diantaranya yaitu :

Sponsored links

Tips ibu hamil yang penting untuk diketahui

  1. Saat mengetahui kehamilan sebaiknya jangan tunda untuk melalukuan control kehamilan. Periksakan kehamilan anda pada dokter atau bidan anda, hal ini bertujuan untuk mengetahui kondisi atau keadaan janin.
  2. Ubah pola makan, saat anda hamil makanan merupakan hal yang wajib untuk di perhatikan yaitu dengan mengkonsumsi makan sehat dan kaya akan kandungan gizi baik untuk ibu dan janin. Serta jauhi makanan atau minuman olahan (junk food, soft drink, fast food, alcohol dll).
  3. Lakukan olahraga, walaupun anda sedang hamil tapi bukan berarti di larang untuk berolahraga hanya saja pilih jenis olahraga ringan seperti berjalan kaki, yoga atau senam kegel. Karena olahraga dapat membantu melancarkan metabolisme tubuh serta dapat mengatasi masalah-masalah kehamilan seperti morning sick dll.
  4. Ikuti dan selalu disiplin apa kata / anjuran dokter untuk menjaga kesehatan ibu dan janin.
  5. Konsumsi lebih banyak sayuran serta buah-buahan segar agar nutrisi tercukupi. Hindari makanan kalengan karena kandungan nutrisinya tidak sebanding pada makanan segar.
  6. Sering bertanya, membaca atau scearching megenain kehamilan dari sumber yang terpercaya.
  7. Jangan mengkonsumsi obat yang mengandung zat kimia yang dapat membahayakan kondisi ibu dan janin, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter.
  8. ibu sering mangalami lemah, letih, lesu atau kondisi yang kurang fir, sebaiknya anda meminta tambahan multi vitamin tambahan.
  9. Jauhi rokok ataupun asap rokok.
  10. Pastikan anda memeriksakan kehamilan pada dokter terbaik dan bukan yang dekat dengan jarak rumah ataupun murah, karena kwalitas lebih menjamin dan menghindarkan anda dari masalah-masalah yang tidak diinginkan.
  11. Jaga kebersihan mulut, gigi terlebih pada masa kehamilan karena virus dan bakteri dapat tertular dari masalah tersebut.
  12. Hindari untuk melakukan aktifitas berat karena hal ini dapat mengakibatkan anda keguguran.
  13. Jangan lupa juga untuk menghindari kontak langsung dengan hewan terlebih pada hewan yang belum mendapatkan vaksin.
  14. Pastikan istirahat anda tercukupi, hal ini agar tubuh memiliki banyak energy untuk melakukan aktifas keesokan harinya.
  15. Carilah alternative alami untuk mengatasi rasa mual, seperti dengan buah-buahan segar ataupun makanan manis.
  16. Cukupi selalu kebutuhan akan air putih 8 sampi 10 gelas setiao harinya agar tubuh terhindar dari dehidrasi.
  17. Jangan lupa juga untuk melakukan pemeriksaa kehamilan secara rutin untuk mengetahui tumbuh kembang janin serta kesehatan ibu dan janin.

Itulah infomasi sederhana mengenai beberapa tips ibu hamil, semoga membuat anda semakin tahu dan tambahk pintar.

Artikel Terkait 17 Tips Ibu Hamil

Komentar Anda:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *