14 Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan

By Categories : Manfaat

Manfaat kunyit putih sebenarnya sudah dikenal luas dikalangan masyarakat Indonesia sejak zaman nenek moyang dulu. Kunyit putih memang lebih sering dimanfaatkan sebagai salah satu jenis bumbu dapur. Kunyit putih dan kunyit putih memiliki bentuk yang sama namun ketika dibuka memiliki perbedaan warna. Kunyit putih memang tidak begitu mudah dibedakan dengan tanaman rimpang yang memiliki bentuk serupa. Ciri-ciri dari kunyit putih adalah warna rimpangnya putih dan transparan.

Umbi ini memiliki bentuk yang lonjong dan posisi daun tegak. Kunyit ini memiliki bentuk yang sangat berbeda dengan kunyit pada umumnya. Kunyit malah menyerupai seperti kencur.Kunyit putih ini memiliki nama lain seperti temu putri atau temu rapet. Kandungan dari kunyit putih ini adalah minyak astiri yang berwarna kuning muda. Ada kandungan dari camphor, sineol, metil chavicol, saponin, flavonoid, dan polifenol. Kunyit putih ini dapat menjadi zat anti kanker, mengencangkan miss v, mengatasi keputihan dan dapat meningkatkan gairah seksual. Kunyit ini sangat baik untuk menjaga metabolisme dalam tubuh dan dapat menyembuhkan dari penyakit masuk angin karena kunyit ini memang hangat di dalam badan.

Sponsored links

manfaat kunyit putihManfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan Tubuh

Kunyit putih mengandung minyak atsiri dan rendemen. Selain itu minyak atsiri yang ada pada kunyit putih mengandung camphor, sinel, metal chavicol, saponin, flavonois dan polifenol. Selain kandungan tadi masih ada kandungan lain yang berguna untuk obat alternatif. Bagi anda ayang belum tahu manfaat dari kunyit putih, berikut adalah manfaatnya bagi kesehatan:

  1. Kunyit putih mengandung zat yang bersifat anti kanker ( neoplastik ), sifat anti kanker ini lebih berperan mengendalikan kanker secara langsung bukan membunuh sel – sel kanker. Kunyit putih akan membuat sel – sel kanker menjadi mandul dan tidak akan berkembang.
  2. Kunyit juga bisa mengurangi pembekalan yang terjadi pada tubuh. Hal ini disebabkan kunyit putih mengandung anti-flamasi.
  3. Kunyit putih merupakan immunostumulan yang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari berbagai jenis penyakit. Seperti flu, demam, batuk dan penyakit biasa lainnya.
  4. Kunyit putih akan menyembuhkan luka bakar yang terjadi pada tubuh. Bahkan kunyit putih bisa menyembuhkan eksim atau luka yang sudah bernanah.
  5. Kunyit putih digunakan oleh masyarakat sebagai obat masuk angin Alami. Menyeduh sari kunyit putih akan mengembalikan tubuh menjadi sehat.
  6. Kunyit putih digunakan sebagai obat sakit perut, sifatnya yang hampir sama dengan daun pepaya akan mengurangi sakit perut secara berangsur – angsur.
  7. Antioksidan yang dimiliki oleh kunyit putih akan membuat kulit tetap awet muda. Proses pergantian sel – sel kulit mati akan dibantu oleh kunyit putih. Sehingga membantu agar regenerasi kulit lebih efektif.
  8. Kunyit putih yang diseduh setiap hari ditambahkan dengan madu murni dan sari lemon akan membuat kulit menjadi lebih segar. Vitamin C dari jeruk nipis dipadukan dengan antioksidan pada kunyit membuat kulit tampak lebih bercahaya.
  9. Kunyit putih dapat mengurangi risiko terkena stroke dan serangan jantung. Kandungan pada kunyit putih akan mengurangi resiko pembekuan darah dan penyumbatan pada arteri yang berujung serangan jantung dan stroke.
  10. Kunyit putih akan mengurangi kadar kolesterol pada darah, dengan berkurangnya kadar kolesterol dalam darah maka resik terserang penyakit jantung pun akan berkurang.
  11. Kandungan kurkumin yang dimiliki oleh kunyit putih akan memperkecil kandungan penyakit Alzheimer.
  12. Kunyit putih juga mengobati bisul yang sulit pecah. Kunyit putih perlahan-perlahan akan mengurangi bengkak pada bisul tersebut.
  13. Jika putra-putri sulit makan, maka mengkonsumsi kunyit putih akan menambah nafsu makan buah hati.
  14. Jika anda mengalami sembelit, kunyit putih merupakan obat pencahar alami yang sudah terbukti manfaatnya. Meminum sari kunyit putih, satu jam kemudian obat pencahar alami ini akan bereaksi.

Melihat begitu banyaknya manfaat yang dimiliki kunyit putih, tidak ada salahnya anda mulai menanam kunyit putih di halaman rumah anda. Khasiatnya tidak mungkin langsung dirasakan oleh tubuh, setelah penggunaan secara rutin, manfaat dari kunyit putih baru dapat dirasakan oleh tubuh.

Artikel Terkait 14 Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *